rohkris

Ingwer Ludwig Nommensen tentu sudah tak asing di telinga orang-orang yang berasal dari Sumatera Utara. Dia adalah missionaris Jerman yang menyebarkan agama Kristen Protestan di sana. Salah satu peninggalannya adalah gereja terbesar di tengah-tengah suku Batak Toba, yakni Huria Kristen Batak Protestan (HKBP).

Maka dari itu, untuk menghormati perjuangannya, sejumlah sineas dan pemerhati budaya Batak yang tergabung dalam Amazing Graze Production memfilmkan perjalanan Nommensen. Mengawali projek tersebut, beberapa foto Nommensen dan perjuangan Sisingamangaraja hasil jepretan fotografer Hasiholan Siahaan pun dipamerkan dalam acara bertajuk Nommensen Night kemarin.

“Malam ini Nommensen Night, malam penghargaan Nommensen buat orang Batak. Di malam ini ada penggalangan dana juga. Acaranya akan terus bergulir terus untuk membuat NOMMENSEN THE MOVIE yang berlatar belakang sejarah peradaban budaya Batak,” ucap Daniel L Titopakpahan, sutradara film NOMMENSEN THE MOVIE di Toba Dreams, kawasan Manggarai, Jakarta Selatan