Sejarah Terbentuknya Kalender Islam

caledr

Kalender Hijriyah atau Kalender Islam adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Kalender ini dinamakan Kalender Hijriyah, karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun dimana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M.

Sebelum datangnya Islam yang dibawa Nabi Muhammad, masyarakat Arab sudah menggunakan kalender dengan sistem bulan (qomariyah) yang disesuaikan dengan Matahari (syamsyiyah) awal bulan di mulai dengan munculnya bulan (hilal) jumlah harinya berselang seling antara 29 dan 30 sehingga suatu tahun terdiri dari 354 hari atau 11hari lebih cepat dari kalender Syamssiyah yang setahunnya 365 hari.

Allah dalam firmanNya:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ ، إِنَّمَا النَّسِيءُ زِيَادَةٌ فِي الْكُفْرِ يُضَلُّ بِهِ الَّذِينَ كَفَرُوا يُحِلُّونَهُ عَامًا وَيُحَرِّمُونَهُ عَامًا لِيُوَاطِئُوا عِدَّةَ مَا حَرَّمَ اللَّهُ فَيُحِلُّوا مَا حَرَّمَ اللَّهُ زُيِّنَ لَهُمْ سُوءُ أَعْمَالِهِمْ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ

Artinya : "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan Ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. Sesungguhnya mengundur-undurkan bulan Haram itu adalah menambah kekafiran. disesatkan orang-orang yang kafir dengan mengundur-undurkan itu, mereka menghalalkannya pada suatu tahun dan mengharamkannya pada tahun yang lain, agar mereka dapat mempersesuaikan dengan bilangan yang Allah mengharamkannya, Maka mereka menghalalkan apa yang diharamkan Allah. (syaitan) menjadikan mereka memandang perbuatan mereka yang buruk itu. dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir". (QS. At-Taubah: 36-37)

Nama-nama bulan qamariyah mulai Muharam sampai Dzulhijjah sudah populer pemakainnya. Masyarakat Arab memberi nama bulan-bulan tersebut sesuai dengan keadaan alam yang terjadi.

1. Muharram, karena pada bulan ini orang Arab sepakat mengharamkan peperangan dan ini bertepatan dengan bulan September.

2. Shafar (kuning), dikarenakan pada waktu itu daun daun mulai menguning dalam pemberian nama Shofar ini bertepatan pada bulan oktober.

3. Rabiul awal dan Rabiul akhir, karena di

WhatsApp Image 2018 06 12 at 1.45.35 AM

     Hari ini seluruh umat muslim merayakan hari raya Idul Fitri. Jadi yang dimaksud dengan Idul Fitri dalam konteks ini berarti kembali kepada asal kejadiannya yang suci dan mengikuti petunjuk Islam yang benar. Bagi umat Islam yang telah lulus melaksanakan Ibadah puasa di Bulan Ramadhan akan diampuni dosanya sehingga menjadi suci kembali seperti bayi yang baru dilahirkan dari kandungan Ibunya. Sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya "Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan suci."

PROGRAM KERJA DIVISI ROHANI ISLAM

  1. Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1436 H
  2. SHSB (Satu Hati Saling Berbagi)
  3. Idul Adha (Qurban)
  4. Maulid Nabi Muhammad SAW
  5. Tahsin & Tahfizh Qur'an 
         Program kerja divisi rohani Islam & LDF Al-Iqtishad yang bertujuan memfasilitasi para mahasiswa/i dan kesekretariatan lembaga Universitas M.H Thamrin Kampus AKA yang ingin belajar Al-Qur'an mulai dari belajar Tilawah (membaca), Tahsin (membaguskan bacaan), Tahfizh (menjaga/menghafal). Dengan pembimbing ustadz & ustadzah yang sudah kaffah di bidang nya dan tidak dipungut biaya. Dari Ustman r.a "sebaik-baik orang di antara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur'an   kemudian mengajarkannya" (HR Bukhari)
  6. Majelis Iqtishad 
          Program kerja dari LDF Al-Iqtishad yang bertujuan memfasilitasi bidang keilmuan agama Islam khususnya di bidang ekonomi syariah. Untuk menjadi mahasiswa/i Universitas M.H Thamrin Kampus AKA yang berwawasan luas di bidang ekonomi syariah.
    Dengan mendatangkan pemateri yang sudah ahli di bidang nya.

 

IMG 20170409 WA0006

DIVISI ROHANI ISLAM

Bertanggung jawab manangani pengembangan mahasiswa yang beragama Islam serta mewadahi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan agama Islam. Divisi Rohani Islam membawahi Lembaga Dakwah Fakultas (LDF).

Event terdekat

No events